Menguasai As Learning, For Learning, dan Of Learning untuk Pembelajaran Bermakna
Progress: 0/6 Bagian Selesai
Masukkan data diri Anda untuk memulai pelatihan asesmen dalam pembelajaran mendalam
Asesmen adalah proses mengumpulkan dan mengolah informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar dan capaian peserta didik dalam pembelajaran mendalam.
Tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:
Menilai kemampuan siswa dalam berpikir kritis, analitis, dan reflektif
Menyediakan informasi untuk perbaikan proses pembelajaran
Membantu guru dalam merencanakan strategi pembelajaran yang tepat
Memfasilitasi siswa untuk merefleksi proses belajarnya
"Asesmen yang efektif bukan hanya mengukur apa yang siswa ketahui, tetapi juga membantu mereka memahami bagaimana mereka belajar dan apa yang perlu diperbaiki."
Memahami peran As Learning, For Learning, dan Of Learning dalam mendukung pembelajaran bermakna
Jenis Asesmen | Fungsi | Contoh |
---|---|---|
🪞
Asesmen sebagai Pembelajaran (As Learning)
|
Meningkatkan refleksi dan kesadaran diri peserta didik | Jurnal reflektif, self/peer assessment |
🔄
Asesmen untuk Pembelajaran (For Learning)
|
Umpan balik untuk guru dan siswa selama proses belajar | Observasi, pertanyaan diagnostik, peta konsep |
📊
Asesmen Hasil Belajar (Of Learning)
|
Menilai capaian akhir pembelajaran | Tes tertulis/lisan, proyek, portofolio |
Asesmen yang membantu siswa mengembangkan kesadaran diri tentang proses belajarnya dan kemampuan untuk merefleksi pembelajaran.
Asesmen formatif yang memberikan umpan balik berkelanjutan untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Asesmen sumatif yang mengukur pencapaian hasil belajar pada akhir periode pembelajaran tertentu.
Ketiga jenis asesmen ini saling melengkapi dalam menciptakan pembelajaran yang holistik
Menilai pemahaman siswa dari permukaan hingga mendalam dengan 5 level progresif
Siswa belum memahami konsep atau informasi yang diberikan. Respons tidak relevan atau salah.
Pertanyaan: "Jelaskan proses fotosintesis"
Jawaban: "Fotosintesis itu tumbuhan makan"
Siswa memahami satu aspek dari konsep yang dipelajari, tetapi belum melihat keterkaitan.
Pertanyaan: "Jelaskan proses fotosintesis"
Jawaban: "Fotosintesis membutuhkan cahaya matahari"
Siswa memahami beberapa aspek tetapi belum mampu menghubungkannya secara koheren.
Pertanyaan: "Jelaskan proses fotosintesis"
Jawaban: "Fotosintesis membutuhkan cahaya, air, dan CO₂. Menghasilkan oksigen."
Siswa mampu menghubungkan berbagai aspek dan memahami keterkaitan antar komponen.
Pertanyaan: "Jelaskan proses fotosintesis"
Jawaban: "Fotosintesis adalah proses dimana tumbuhan menggunakan cahaya, air, dan CO₂ untuk menghasilkan glukosa dan oksigen melalui klorofil di daun."
Siswa dapat berpikir kritis, reflektif, dan aplikatif. Mampu menggeneralisasi ke konteks baru.
Pertanyaan: "Jelaskan proses fotosintesis"
Jawaban: "Fotosintesis tidak hanya menghasilkan makanan bagi tumbuhan, tetapi juga berperan dalam siklus karbon global dan menjadi dasar rantai makanan. Tanpa fotosintesis, kehidupan di Bumi tidak akan berkelanjutan."
Fondasi untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna, aktif, dan transformatif
Prinsip | Penjelasan |
---|---|
🔍
Inkuiri dan Eksplorasi
|
Siswa menggali pengetahuan melalui pertanyaan dan investigasi |
🌍
Kontekstual
|
Pembelajaran dikaitkan dengan realitas dan pengalaman murid |
🤝
Kolaboratif
|
Mendorong interaksi, diskusi, dan kerja sama |
🪞
Reflektif
|
Siswa mengevaluasi proses & hasil belajar |
🛠️
Berbasis Proyek/Kegiatan Nyata
|
Siswa membuat produk atau aksi nyata dari hasil pembelajaran |
Siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi aktif mencari dan menemukan pengetahuan melalui pertanyaan dan investigasi.
Materi yang dipelajari harus relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa agar lebih bermakna dan mudah dipahami.
Pembelajaran tidak bersifat individual tetapi melibatkan kerjasama dan saling belajar antar siswa.
Refleksi membantu siswa memahami apa yang telah dipelajari dan bagaimana mereka belajar.
Memberikan makna konkret pada pembelajaran dan menunjukkan aplikasi praktis dari pengetahuan yang diperoleh.
Pembelajaran koding dan AI sangat relevan untuk membentuk generasi masa depan yang adaptif, kreatif, dan kompeten menghadapi dunia digital. Namun implementasinya masih membutuhkan kerja sama lintas sektor.
Memasukkan koding dan AI ke dalam kurikulum nasional secara sistematis dan progresif sesuai jenjang pendidikan.
Program pelatihan dan sertifikasi guru dalam bidang koding dan AI dengan dukungan industri teknologi.
Penyediaan akses internet, perangkat komputer, dan platform pembelajaran digital di seluruh sekolah.
Kolaborasi strategis dengan perusahaan teknologi untuk program magang, mentoring, dan pengembangan kurikulum.
Membangun komunitas belajar yang melibatkan siswa, guru, orang tua, dan praktisi teknologi.
Sistem pemantauan dan evaluasi untuk mengukur efektivitas implementasi pembelajaran koding dan AI.
Setelah memahami konsep dan contoh PPM, saatnya Anda membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mendalam sendiri!
Tool interaktif untuk membuat RPP berbasis Pembelajaran Mendalam
Pembelajaran Koding dan AI adalah investasi strategis untuk mempersiapkan generasi digital Indonesia yang siap menghadapi tantangan abad ke-21. Dengan implementasi yang tepat, Indonesia dapat menjadi kekuatan teknologi global.
Generasi yang fasih teknologi sejak dini
Kemampuan berpikir sistematis dan logis
Siap menciptakan solusi teknologi masa depan
Seluruh sekolah memiliki kurikulum koding dan AI
Semua guru memiliki sertifikasi teknologi pendidikan
Akses internet dan perangkat di seluruh Indonesia
Indonesia menjadi penghasil programmer dan AI specialist terbaik
Skor Anda:
Selamat! Anda telah menyelesaikan pelatihan asesmen dalam pembelajaran mendalam. Dapatkan sertifikat resmi sebagai bukti kompetensi Anda.
Dinas Pendidikan Kabupaten Garut
Asesmen dalam Pembelajaran Mendalam
Diberikan kepada:
dari
Telah berhasil menyelesaikan pelatihan "Asesmen dalam Pembelajaran Mendalam" dengan memahami konsep dasar asesmen, jenis-jenis asesmen (As Learning, For Learning, Of Learning), Taksonomi SOLO, teknik dan instrumen asesmen, serta prinsip perencanaan asesmen dalam pembelajaran mendalam.
Tanggal Penerbitan:
ID Sertifikat:
Tim Portal Belajar.id
Dinas Pendidikan Kab. Garut