Logo Belajar.id

Portal Belajar.id Garut

๐Ÿ“š Materi Pembelajaran Mendalam

Panduan Komprehensif Implementasi Pembelajaran Mendalam di Indonesia

Progress: 0/6 Bagian Selesai

๐Ÿ‘‹

Selamat Datang!

Masukkan data diri Anda untuk memulai pembelajaran

๐Ÿ“–

1. Pendahuluan

A. Latar Belakang

Indonesia menghadapi tantangan pendidikan di era VUCA (Volatile, Uncertain, Complex, Ambiguous). Meskipun akses pendidikan cukup baik, kualitas masih rendah. Pembelajaran didominasi metode ceramah dan hafalan, belum mendukung literasi, numerasi, dan berpikir kritis. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan Pembelajaran Mendalam (PM) untuk membangun generasi yang adaptif, berkarakter, dan kompeten.

B. Tujuan

  • Memberikan dasar kebijakan penerapan PM di Indonesia
  • Menyediakan acuan pengembangan program dan infrastruktur pendukung PM
  • Mendeskripsikan strategi implementasi PM di lingkungan Kemendikdasmen

C. Ruang Lingkup

Konsep PM

Berkesadaran, bermakna, menggembirakan

Faktor Pendukung

SDM, kebijakan, infrastruktur

Implementasi

PAUD, SD, SMP, dan SMA

๐Ÿง 

2. Landasan Pemikiran

A. Landasan Filosofis & Pedagogis

Berakar pada nilai-nilai Ki Hajar Dewantara, KH Ahmad Dahlan, YB Mangunwijaya, dan filsuf modern (Dewey, Ausubel). PM menekankan pendidikan holistik: olah pikir, hati, rasa, dan raga dalam suasana yang memuliakan, kontekstual, dan menggembirakan.

Ki Hajar Dewantara KH Ahmad Dahlan YB Mangunwijaya

B. Landasan Teoretis

PM dibangun dari teori konstruktivisme, experiential learning (Kolb), dan pendekatan berbasis proyek. Fokus pada pemahaman mendalam, aplikasi nyata, dan refleksi kritis. Pendekatan ini terbukti meningkatkan keterlibatan dan capaian belajar peserta didik.

C. Landasan Sosiologis

PM mendukung pembangunan bangsa majemuk. Pendidikan berkualitas menciptakan warga negara yang cerdas secara spiritual, sosial, dan intelektual. PM mendukung karakter kebangsaan dan kohesi sosial.

D. Landasan Yuridis

Sejalan dengan UUD 1945, UU No. 20/2003, dan PP No. 57/2021. PM mendukung pencapaian profil pelajar Pancasila melalui suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan bermakna.

E. Landasan Empiris

Banyak studi menunjukkan bahwa PM menghasilkan capaian lebih tinggi dibanding pembelajaran tradisional. PM juga terbukti berhasil diterapkan di negara-negara seperti Norwegia, Finlandia, dan Australia.

๐Ÿงฉ

3. Kerangka Kerja Pembelajaran Mendalam

A. Dimensi Profil Lulusan

Terdiri dari 8 dimensi:

๐Ÿ™ Iman dan takwa
๐Ÿ›๏ธ Kewargaan
๐Ÿง  Penalaran kritis
๐ŸŽจ Kreativitas
๐Ÿค Kolaborasi
๐Ÿ’ช Kemandirian
โค๏ธ Kesehatan
๐Ÿ’ฌ Komunikasi

B. Prinsip Pembelajaran

๐Ÿง˜

Berkesadaran

Hadir penuh dan reflektif

๐ŸŽฏ

Bermakna

Relevan dan kontekstual

๐Ÿ˜Š

Menggembirakan

Memotivasi, aman, dan menyenangkan

C. Pengalaman Belajar

Peserta didik aktif mengeksplorasi, menyelami konsep, merefleksi, dan mengaitkan dengan kehidupan nyata. Guru sebagai fasilitator dan mitra belajar.

D. Kerangka Pembelajaran

๐Ÿ“š Praktik Pedagogis

Metode pembelajaran inovatif

๐Ÿซ Lingkungan Pembelajaran

Ruang belajar yang kondusif

๐Ÿค Kemitraan

Siswa, guru, orang tua, DUDIKA

๐Ÿ’ป Teknologi Digital

Pemanfaatan teknologi pembelajaran

๐Ÿš€

4. Strategi Implementasi Pembelajaran Mendalam

A. Keterkaitan PM dengan Kurikulum, Pembelajaran, dan Asesmen

PM terintegrasi dengan Kurikulum Merdeka dan profil pelajar Pancasila. Penilaian menekankan asesmen formatif, autentik, dan holistik.

B. Ekosistem Pendidikan

Diperlukan lingkungan pembelajaran kolaboratif yang mendukung praktik PM, termasuk keterlibatan komunitas, orang tua, dan dunia kerja.

C. Implikasi terhadap Regulasi

Regulasi terkait kurikulum, pembelajaran, asesmen, dan buku ajar perlu disesuaikan untuk mendukung PM secara legal dan sistemik.

D. Optimalisasi Peran Stakeholder

๐Ÿ‘จโ€๐ŸซGuru

Diberdayakan melalui pelatihan dan pendampingan PM

๐Ÿ‘จโ€๐Ÿ’ผKepala Sekolah

Menjadi pemimpin pembelajaran

๐Ÿ‘จโ€๐Ÿ’ปPengawas

Menjadi fasilitator supervisi bermakna

๐Ÿ‘จโ€๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿ‘งโ€๐Ÿ‘ฆOrang Tua

Dilibatkan aktif dalam mendukung proses belajar

E. Tahapan Implementasi

1 Dilaksanakan secara bertahap, mulai dari satuan pendidikan pionir
2 Monitoring dan evaluasi dilakukan berkala

F. Implementasi PM pada Jenjang Pendidikan

๐Ÿงธ

PAUD

๐Ÿ“š

SD

๐ŸŽ“

SMP

๐Ÿซ

SMA/SMK

Disesuaikan dengan karakteristik usia dan jenjang

โœ…

5. Rekomendasi Utama

1

Implementasi PM secara bertahap dan sistematis

Penerapan Pembelajaran Mendalam dilakukan secara terstruktur mulai dari sekolah pionir hingga seluruh satuan pendidikan.

2

Penguatan komunitas belajar dan kemitraan sekolah-masyarakat

Membangun ekosistem pembelajaran yang melibatkan seluruh stakeholder pendidikan dan masyarakat.

3

Pengembangan bahan ajar kontekstual

Menyediakan materi pembelajaran yang relevan dengan kehidupan nyata dan kebutuhan peserta didik.

4

Transformasi pembelajaran melalui digitalisasi dan teknologi

Memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung pembelajaran yang interaktif dan inovatif.

5

Reformasi asesmen nasional yang tidak menekan siswa

Mengembangkan sistem penilaian yang mendukung pembelajaran dan tidak memberikan tekanan berlebih pada siswa.

6

Peran aktif semua pihak

Melibatkan guru, kepala sekolah, pengawas, orang tua, dan pemangku kepentingan lainnya dalam implementasi PM.

โœจ

6. Kesimpulan

๐ŸŒŸ

Pembelajaran Mendalam: Transformasi Pendidikan Indonesia

Pembelajaran Mendalam adalah pendekatan transformatif dan humanistik yang mengedepankan pembelajaran utuh, bermakna, dan menggembirakan. Ini adalah jawaban atas krisis pembelajaran dan jalan menuju pendidikan berkualitas dan merata bagi seluruh anak bangsa.

๐ŸŽฏ

Transformatif

Mengubah paradigma pembelajaran tradisional

โค๏ธ

Humanistik

Memanusiakan manusia dalam pendidikan

๐ŸŒˆ

Holistik

Mengembangkan seluruh potensi peserta didik

๐ŸŽฏ

7. Kuis Interaktif

Pertanyaan 1 dari 5 Skor: 0

๐Ÿ“š

8. Sumber Belajar

Dokumen Resmi

  • Panduan Pembelajaran Mendalam - Kemendikdasmen
  • Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila
  • Pedoman Asesmen Pembelajaran
Download Buku Referensi PM

Video Pembelajaran

  • Pengenalan Pembelajaran Mendalam
  • Implementasi PM di Kelas
  • Best Practices PM

Platform Digital

  • Portal Belajar.id Garut
  • Platform Merdeka Mengajar
  • Rumah Belajar Kemdikbud

Komunitas Belajar

  • Komunitas Guru Pembelajaran Mendalam
  • Forum Diskusi Pendidik
  • Webinar dan Workshop